Pemko Pekanbaru Akan Bangun “Malioboro”

PEKANBARU – Kota Pekanbaru akan punya “Malioboro”. Konsep city walk dan wisata kuliner malam seperti yang ada di Malioboro-Yogyakarta, bakal diterapkan di Pekanbaru. Saat ini, Pemerintah Kota Pekanbaru tengah menggesa rencana pembangunan trotoar sepanjang 4,5 km yang berawal dari Pasar Sukaramai di Kecamatan Pekanbaru Kota.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Pemukiman dan Prasarana Wilayah (P3W), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pekanbaru, Ernes S. Umar, ST, MT, pembangunan city walk itu meliputi Jalan H Agus Salim, Jalan Ahmad Yani, Jalan Cengkeh, dan Jalan Kenanga.

“Konsepnya, menghidupkan kembali jalan yang selama ini tertutup oleh para pedagang. Di siang hari, tetap sebagai jalan lintas untuk kendaraan, namun di malam hari sebagai tempat jajanan masyarakat yang tertutup bagi kendaraan, dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki,” jelas Ernes ketika dijumpai di kantornya, Kamis (22/5) sore.

Dikatakannya, city walk ini sudah diwacanakan Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, sejak beliau belum menjadi walikota. Pedestrian itu akan dibuat seperti Malioboro yang ada di Yogyakarta.

“Ada lampu-lampu, taman, tenda bagi pedagang yang akan disiapkan Pemko, agar keindahan kota tetap terjaga,” ujar Ernes yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Perencanaan di Bina Marga Kota Pekanbaru.

Selama ini, sambung Ernes, jalan tersebut macet oleh pedagang, sehingga fungsi jalan hilang. Akses dari Jalan Ahmad Yani ke Jalan Jenderal Sudirman tertutup oleh pedagang kaki lima.

“Karena itu, Pak Walikota menegaskan, fungsi jalan harus dihidupkan kembali. Para pedagang kali lima yang berjualan di wilayah itu telah direlokasi ke tempat yang lebih layak,” tandas Ernes.

Penulis: Lisda Yulianti H
Sumber: katakini.com

Posted in Kabar Riau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *