Jurnalis Ikuti Pelatihan Perbankan

JAKARTA – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bekerja sama dengan Permata Bank, dan Australian Embassy menggelar Beasiswa Banking Journalism Workshop 2015. Pelatihan berlangsung di Jakarta pada Sabtu-Minggu, 22-23 Mei 2015.
Jurnalis Ikuti Pelatihan Perbankan

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas jurnalis dalam meliput isu-isu perbankan dan mendorong peliputan media yang berkualitas dan beretika terkait isu ekonomi perbankan. 19 jurnalis dari 17 kota, termasuk Aceh, Kupang, Padang, Manado, dan Makassar, terpilih sebagai peserta dari hasil seleksi.

Program ini merupakan pengembangan dari Banking Journalists Academy (BJA) dengan durasi yang lebih pendek. BJA telah menghasilkan dua angkatan sejak pertama kali kelas digelar pada 2013. Pelatihan ini berlangsung selama dua bulan dan diikuti oleh jurnalis dari Jakarta dan sekitarnya.

Banking Journalism Workshop memberikan kesempatan kepada jurnalis dari media lokal di berbagai daerah. Selama dua hari, para peserta mendapatkan materi tentang moneter, ekonomi makro, dan perbankan. Para peserta juga dibekali materi untuk mendukung kerja jurnalistik, seperti merancang outline peliputan, pembuatan angle tulisan, pengembangan ide, hingga pengerjaan naskah.

Tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang isu perbankan dan jurnalistik di Indonesia, peserta juga dapat bertukar pikiran mengenai pengalaman dari Australia. Gavin Forte, Lead Adviser of Financial Sector of Australia Indonesia Partnership for Economic Governance, misalnya memberikan materi mengenai system perbankan di Australia. Adapun John Breusch, ekonom dan eks jurnalis the Australian Financial Review (AFR), Koran bisnis utama di Australia. Breusch pernah bekerja sebagai reporter perbankan dan keuangan lalu menjadi editor di Sydney. Breuschtak lama lagi akan memulai pekerjaannya sebagai ekonom di Departemen Keuangan Australia berbasis di Jakarta.

Setelah pelatihan ini, para peserta akan mengembangkan topic peliputan menjadi sebuah feature. Dalam pengerjaannya, mereka akan dibimbing oleh Hasudungan Sirait, jurnalis freelance. Hasudungan berpengelaman menjadi pemateri di beragam pelatihan jurnalistik.

Posted in Kabar AJI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *