Sejumlah Daerah di Riau Masih Belum Dialiri Listrik

PEKANBARU – Persoalan listrik masih saja menjadi persoalan yang serius di Provinsi Riau. Di beberapa daerah Riau, bahkan masih ada daerah yang belum mencicipi penerangan listik sama sekali.

Di Dusun Dua, Desa Pantai Cermin dan Desa Pencak Lubi Kabupaten Kampar misalnya, masyarakat disana tidak pernah merasakan energi listrik. Padahal Riau terkenal kaya dengan hasil alam dan hasil energinya.“Masyarakat di sana belum pernah menikmati listrik, kita sangat prihatin hal tersebut. Selain listrik, masalah infrastruktur yang sangat tidak memadai juga

menjadi persoalan di daerah tersebut,” ujar anggota komisi E DPRD Riau, Ramos Teddy Sianturi, yang berasal dari dapil Kampar, Rabu (20/5).

Dikatakan Ramos, persoalan listrik tersebut tidak hanya didua desa tersebut. Masih banyak desa lain yang belum mendapatkan penerangan listrik, sehingga masyarakat terpaksa menggunakan mesin disel.

“Penerangan menggunakan disel tersebut malah sangat memberatkan masyarakat karena harus terus menerus membeli BBM untuk operasional diesel tersebut, belum lagi untuk pembelian diesel atau onderdilnya,” tuturnya.

Anggota Fraksi Golkar tersebut mengharapkan, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Kampar bisa membantu masyarakat di dua desa tersebut. Pihaknya juga akan berupaya menyampaikan hal ini terhadap SKPD terkait nantinya.

Di beberapa daerah lainnya, menurut memang sudah ada yang dialiri listrik, namun perawatan jaringan yang ada di desa tersebut tidak dilakukan perawatan, sehingga dikawatirkan bisa mencelakai masyarakat.

“Misalnya ada kabel-kabelnya yang semerawut, dan tidak terawat. Jadi ini tidak ada perhatian dari PLN untuk memperbaiki hal tersebut. Saya berharap masalah listrik bisa segera diselesaikan pemerintah di Riau pada umumnya secepatnya, karena sudah seharusnya seluruh masyarkat dapat menikmatinya,” ulasnya. (*)

Reporter : Alee Kitonanma
Sumber : Tribun Pekanbaru

Posted in Kabar Riau and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *