BEASISWA Banking Journalism Workshop 2015

B E A S I S W A

Banking Journalism Workshop

2015

AJI Indonesia, PermataBank, dan Australian Embassy akan menyelenggarakan workshop bagi kalangan jurnalis untuk mendalami isu dan liputan tentang ekonomi perbankan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jurnalis dalam meliput isu-isu ekonomi perbankan, serta mendorong adanya liputan media yang berkualitas dan beretika terkait isu ekonomi perbankan.

Ini merupakan program beasiswa yang diberikan kepada 25 jurnalis terpilih dari seluruh Indonesia. Banking Journalism Workshop akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 22 – 23 Mei 2015.

Apa itu Banking Journalism Workshop?

Ini merupakan program pengembangan dari Banking Journalists Academy, dengan durasi lebih pendek sehingga bisa diikuti oleh kalangan jurnalis dari seluruh Indonesia. Workshop terdiri dari 6 sesi dengan difasilitasi oleh mentor dari kalangan praktisi ekonomi, perbankan, serta media dari Indonesia dan Australia.

Workshop akan membahas mengenai bagaimana bank bekerja dan menjalankan fungsi intermediasi melalui berbagai aspek operasionalnya, corporate banking development program, termasuk produk-produk dan strateginya. Secara khusus juga akan dibahas mengenai Pembangunan Ekonomi, mempelajari bagaimana pengalaman di Australia mengenai sistem pembiayaan perbankan dan pentingnya peran sektor perbankan dalam pembangunan ekonomi. Juga hal-hal yang menarik untuk diangkat oleh media terkait persoalan ekonomi terkini, hingga teknik dan tips dalam proses liputan ekonomi perbankan.

Di akhir workshop, peserta akan dipandu membuat usulan liputan (outline) tentang ekonomi perbankan. Lima gagasan terbaik akan dipilih untuk mendapatkan dukungan biaya operasional liputan sebesar Rp 1.500.000,-

Apa kriteria usulan liputan terbaik?

1. Topik menyangkut ekonomi perbankan

2. Orisinal, mengangkat masalah-masalah yang belum dikupas media lain

3. Liputan menantang, namun tetap realistis

4. Menggunakan narasumber yang kredibel

5. Laporan dapat diselesaikan sebelum tenggat

Siapa yang dapat melamar beasiswa?

Jurnalis dari berbagai platform media (cetak/online, televisi, dan radio) dengan pengalaman kerja minimum 2 tahun.

Apa yang dibiayai oleh beasiswa?

Biaya belajar selama dua hari termasuk material pendukung, akomodasi dan makan selama workshop berlangsung, transportasi dari kota asal ke Jakarta dan sebaliknya.

Bagaimana cara mengajukan beasiswa?

Untuk dapat mengajukan beasiswa, rekan-rekan dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran, CV, surat rekomendasi dari editor untuk mengikuti kegiatan ini, yang telah kami sediakan dan dapat diunduh di www.bja.ajiindonesia.or.id.

 Lamaran dikirimkan ke AJI Indonesia dengan perihal:

Beasiswa Banking Journalist Academy

Melalui email:

beasiswa.aji@gmail.com

Selambat-lambatnya tanggal 10 Mei 2015

Bagaimana proses seleksi?

Seleksi dilakukan terhadap semua lamaran yang masuk. Prioritas diberikan kepada pelamar yang memberikan usulan liputan paling baik. Setiap pelamar akan menerima pemberitahuan mengenai terpilih atau tidaknya sebagai peraih beasiswa via email.

Bagaimana proses setelah seleksi?

Peserta terpilih akan mengikuti workshop di Jakarta yang terdiri dari 2 hari pertemuan. Peserta akan mengisi formulir konfirmasi untuk pengaturan akomodasi dan transportasi.

Perlu informasi lebih jelas?

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: beasiswa.aji@gmail.com

Posted in Kabar AJI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *